Wednesday, October 15, 2014

Tafsir Al Azhar

Judul              : Tafsir Al Azhar
Tahun             : 1994
Pengarang      : Prof. Dr. Hamka
Penerbit         : PT. Pustaka Panjimas
Sinopsis         :

Tafsir Al Azhar merupakan karya utama dan terbesar Prof. Dr. Hamka diantara lebih dari 115 karyanya pada bidang sastera, sejarah, tasauf dan agama. Mulai ditulis Hamka sejak menjelang tahun 1960.Tafsir Al Azhar ini diselesaikan lengkap tiga puluh juzu' ketika penulis berada dalam tahanan pemerintah regim Orde lama. Tahanan penjara terhadap pengarang dengan tuduhan melakukan kegiatan subversi terhadap pemerintah tanpa pernah dibuktikan secara hukum, memberikan hikmah amat besar dengan terselesaikan karya besar ini.
Tafsir ini memang disusun terlalu tinggi, sehingga yang dapat memahaminya tidak hanya para ulama. Juga tidak terlalu rendah hingga menjemukan. Ini sesuai dengan keragaman penghayatan dan kemampuan pemahaman masyarakat yang amat majemuk. Dan Tafsir Al Azhar ini disusun tanpa membawakan pertikaian madzhab-madzhab fiqh. Penulis berusaha tidak ta'ashub (fanatik) kepada suatu paham madzhab tertentu, dan sedaya upaya menguraikan maksud ayat dan memberi kesempatan orang buat berfikir.
"Studi dan tulisan Hamka tentang kepercayaan dan pengetahuannya yang mendalam tercermin secara dramatis dalam keberhasilannya menyusun Tafsir yang lengkap. Dan untuk masyarakat Indonesia yang sedang berkembang, ia merupakan tiang penyangga. Ia mengharap agar masyarakat menjadi masyarakat Islam,masyarakat yang aman, damai dan moderen di bawah lindungan Ka'bah". Prof. Dr. James Rush, guru besar sejarah pada Universitas Yale, Amerika Serikat.


Harga          : Rp 20.000,-
Cp : 085785712114

No comments:

Post a Comment